2014/05/31

SEJARAH MAPALA UNIMED

Unit Kegiatan Mahasiswa Pencinta Alam UNIMED atau biasa disebut dengan akronim MAPALA UNIMED merupakan organisasi kepencinta alaman tingkat mahasiswa atau kampus yang berada dilingkungan UNIMED ( Universitas Negeri Medan).  MAPALA UNIMED didirikan pada tanggal 03 Desember 1990 dengan nama GEMIPA dengan ide – ide dan perjuangan yang besar sebelum disahkan dan diresmikan pada tanggal 21 oktober 1991 sehingga berdasarkan peraturan organisasi maka MAPALA UNIMED dianggap berdiri pada 21 oktober 1991.
Embrio atau, pada awalnya MAPALA UNIMED bernama  GEMIPA ( Gerakan Mahasiswa Ikip Pencinta Alam ) yang pada saat itu unimed masih bernama IKIP MEDAN. Pada zaman awal berdirinya mapala/gemipa merupakan masa rezim suharto yang mana menganggap bahasa atau istilah gerakan merupakan sebuah kelompok pemberontak, maka GEMIPA dirubah menjadi MAPALA.
Selanjutnya perubahan ikip  pada tahun 2000 menjadi UNIMED juga merubah MAPALA IKIP menjadi MAPALA UNIMED.
 Pendirian MAPALA UNIMED tidaklah semudah dan secepat yang dibayangkan, hambatan dan rintangan menghampiri proses pembentukannya, sebelum berdirinya MAPALA sebenarnya kelompok dan komunitas – komunitas kecil sudah terbentuk di IKIP, namun sayangnya komunitas dan kelompok kecil tersebut tidak terkoordinir dengan baik sehingga tidak ada yang mengkhususkan kedalam ranah kepencinta alaman yang sebenarnya hanya sebagai penggiat alam bebas bukan yag berlandaskan konservasi.
MAPALA UNIMED didirikan oleh beberapa orang mahasiswa Universitas Negeri Medan diantaranya :
1.    Bunk Ade haris
2.    Bunk Ramlan
3.    Bunk Abdul Khalid
Bunk Abdul Khalid dan kawan – kawan mahasiswa IKIP pada saat itu yang memiliki rasa keorganisasian dan konservasi mencetuskan sebuah ide tentang organisasi yang berlandaskan konservasi dan nilai – nilai kepencinta alaman sehingga dapat mengkoordinir komunitas dan para kelompok pencinta alam. Beruntunglah  sekarang dengan adanya MAPALA UNIMED sehingga mahasiswa yang memiliki minat kepencinta alaman dan para penggemar alam bebas dapat mengapresiasikan dirinya dengan bergabung kedalam organisasi kepencinta alaman ini.
Organisasi MAPALA UNIMED ini berazaskan Pancasila dan Tri Dharma Perguruan Tinggi serta Kode Etik Pemuda Pencinta Alam Se-Indonesia.

MAPALA UNIMED
LESTARI........
GEMIPA..........
OKE BUNK..........


No comments:

Post a Comment