2013/03/28

ORDAS MUM tunas XX


Laporan kegiatan perjalanan
Orientasi dasar (ordas)

           Laporan ini merupakan gambaran singkat orientasi dasar Mapala Unimed yang ke XX. Latihan ini dilaksanakan 2 hari yaitu pada hari sabtu dan minggu tanggal 9-10 Maret 2013 di sekretariat Mapala Unimed. Jumlah peserta yang ikut dalam orientasi ini berjumlah 34 orang.
       Pada hari pertama yaitu sabtu, 9 maret 2013 pukul 07.00 WIB, para peserta dan panitia berkumpul di depan sekretariat untuk memulai kegiatan orientasi dasar tunas Mapala yang ke-XX ini diawali dengan apel pembukaan  yang dimulai pukul 08.00 WIB. Setelah kegiatan apel pembukaan selesai seluruh peserta berkumpul untuk mengecek barang-barang yang di bawa, ada pun rincian barang yang di bawa yaitu:
Daftar perlengkapan kelompok:
1.      Nesting
2.      Kaleng roti unibis besar
3.      Pasir 1 plastik besar
4.      Minyak tanah 1 liter
5.      Tali pandu 3
6.      Tali plastik besar 1
7.      Madu rasa 1 kotak
8.      Parang
9.      Ikan asin ¼ kg
10.  Sarden 2 kaleng
11.  Teh dan gula
12.  Nutrisari 10 bungkus
13.  Garam
14.  Sayur-sayuran
15.  Telur
16.  Minyak makan
17.  Pisau / carter
18.  Botol lampu
19.  Sumbu kompor 3 meter
20.  Goni ukuran 30 kg
Daftar perlengkapan pribadi:
1.      Beras 1 kg
2.      Susu kental manis 1 kaleng
3.      Perlengkapan makan (piring, gelas, sendok)
4.      Mie instan 3 bungkus
5.      Ponco / mantel
6.      Matras
7.      Kancing peniti
8.      Pakaian ORDAS (baju, celana trening, sepatu olahraga)
9.      Pakaian ganti
10.  Tas cerrier
11.  Perlengkapan ibadah
12.  Senter
13.  Mancis
14.  Pasir 1 plastik
15.  Aqua besar 1 botol
16.   Bet nama : ukuran panjang 25cm lebar 20cm
17.  Obat pribadi
18.  Kacang ijo ¼ kg
19.  Gula merah
20.  Plastik packing
21.  Alat tulis
Kemudian pada jam 09.00 WIB :
Materi I dilakukan yang dibawakan oleh bunk pabot yaitu tentang MPA (manajement pecinta alam). Dalam materi dibahas tentang cara memanajement dan peralatan yang perlu dibawa saat mendaki serta cara mempacking alat ke dalam tas cerrier.
Pada jam 10.00 WIB:
Materi II dilaksanakan tentang Survival oleh bunk grindix.
Pada jam 11.02 WIB:
Materi III oleh bunk Bulat yaitu tentang sosiologi pedesaan. Pada materi ini dibahas apa pengertian dari sosiologi pedesaan itu.
Setelah selesai materi ke-III, selanjutnya para peserta melakukan pendirian bifak (tenta darurat) istirahat, solat dan makan dari pukul 12.00 – 13.30 WIB.
Pada saat makan siang bersama seluruh peserta berkumpul untuk makan bersama dengan menyatukan semua makanan yang dibuat peserta dalam satu tempat. Sebelum dan sesudah makan terlebih dahulu peserta malakukan hitungan satu seri.
Kemudian, pada pukul 14.00 WIB:
Kegiatan selanjutnya yaitu materi IV oleh bunk Benk tentang Nadar (navigasi darat) dan sejarah SAR.
Pada jam 15.05 WIB:
Materi V oleh bunk kuli yaitu materi tentang ORP (olahraga prestasi) yang ada di Mapala Unimed, yaitu arung jeram dan panjang tebing.
Setelah itu peserta di beri waktu 30 menit untuk istirahat sholat ashar. Kemudian kembali lagi mengikuti materi selanjutnya,
Pada jam 16.30 WIB:
Materi VI tentang konservasi yang dibawakan dengan bunk Selon. Sebelum materi dimulai bunk selon memberikan sebuah catatan lagu yang ada di Mapala unimed yang judul nya “Taruna Muda”. Begitu juga setelah materi ke VI selesai bunk selon juga memberikan sebuah catatan lagu yang berjudul “Mahameru”.
Pada jam 17.52 WIB:
Materi VII tentang mounteneering oleh bunk Oe-Go. Dalam materi ini dijelaskan tentang tali temali, peralatan dalam kegiatan mounteneering dan jenis-jenis simpul.
          Setelah itu waktu memasuki waktu magrib, disini peserta disilakan untuk melakukan sholat magrib dan masak  untuk makan malam. Seperti makan siang sebelumnya, semua peserta berkumpul untuk makan malam bersama dimana masakan yang dibuat peserta disatukan dalam satu tempat dan sebelum dan sesudah makan terlebih dahulu melakukan hitungan satu seri.
Setelah makan malam bersama, pada pukul 20.39 WIB:
Langsung kegiatan materi VIII yaitu materi tentang PPGD (pertolongan pertama gawat darurat) oleh bunk Grindix.
Pukul 21.45 WIB:
Materi IX tentang keorganisasian oleh bunk Lobu, yaitu tentang paradigma dan refleksi pecinta alam.
Pukul 23.00 WIB:
Materi X yaitu materi terakhir di hari sabtu ini tentang Mapala Unimed yang disampaikan oleh bunk Haluank. Yaitu sejarah Mapala, sejarah Mapala unimed dan arti lambing Mapala Unimed.
Setelah materi selesai peserta dipersilakan untuk istirahat dan tidur. 
            Pada hari kedua yaitu tanggal 10 maret 2013, pukul 01.00 WIB semua peserta orientasi dasar melakukan jurit malam pelatihan fisik dan mental. masing-masing peserta berjalan sendiri-sendiri menuju posko-posko untuk menerima dan mengulang materi yang diberikan pada hari sabtu sebelumnya. Dengan menyebutkan kata “segitiga” untuk mencari posko dan menunggu kode “hijau” untuk datang ke posko yang telah terlihat. Setelah selesai jurit malam pada waktu subuh, semua peserta beristirahat, setelah itu melakukan senam pagi bersama di lapangan basket Unimed.
Kemudian pada pukul 08.00 WIB para peserta mempersiapkan sarapan pagi dan sarapan pagi bersama seperti biasanya, sebelum dan sesudah sarapan melakukan hitungan seri terlebih dahulu.
Pada pukul 10.00 – 12.00 WIB peserta melakukan kegiatan kerja bakti membersihkan rumput-rumput yang di samping sekretariat Mapala Unimed sampai selesai. Disini para peserta saling bekerja sama / gotong royong untuk membersihkan karangan yang di samping sekretariat Mapala. 
         Pada pukul 13.00 – 14.00 WIB peserta mempersiapkan masakan untuk makan siang yang melaksanakan sholat zduhur. Disini makan bersamanya hanya dengan satu kelompok saja di depan tenda / bifak masing-masing kelompok peserta orientasi dasar.
Setelah makan siang, para peserta melakukan refling (turun dari atas ke bawah) yang dilaksanakan di gedung stadion Unimed. Dengan menggunakan alat-alat seperti tali, webbing, carrabiner screw(berkunci) dan figure of eight.
Setelah itu pada pukul 16.00 WIB semua peserta melakukan kegiatan masuk parit dan merayap di dalam parit sampai batas yang telah ditentukan. Setelah semua peserta merayap, kemudian dikumpulkan untuk keliling unimed dalam keadaan yang kotor-kotoran sambil lari-lari.
Kegiatan selanjutnya pengambilan syal hijau oleh masing-masing peserta dengan di wawancarai sebelumnya tentang kesiapan peserta untuk mengikuti aktivitas kegiatan yang ada di Mapala Unimed. Syal hijau yang diberikan itu merupakan nyawa peserta ORDAS dalam mengikuti kegiatan ini yang akan menjadi calon anggota muda Mapala dan merupakan pintu masuk untuk menjadi anggota Mapala untuk mendapatkan syal merah nantinya. 
            Ketika hari telah malam yaitu pukul 20.00 WIB, kegiatan selanjutnya yaitu kegiatan terakhir dari kegiatan ORDAS ini yaitu pelantikan anggota muda Mapala Unimed tunas XX sekaligus penutupan apel. Dalam acara pelantikan ini, peserta ORDAS dilantik dengan dipasangkan syal hijau sambil dinyanyikan ataupun menyanyikan lagu Syukur sampai semua anggota telah dipasangkan syal hijau. Akhir kegiatan di tutup dengan doa bersama dan makan malam bersama dengan anggota Mapala Unimed kemudian semua peserta ORDAS melakukan persiapan untuk pulang. Lestari Gemipa OK Bunk !!!


LESTARI. GEMIPA. OKE BUNK !!!
                                                             
                                                                ^_^

1 comment: